Judul | : | MODEL-MODEL PEMBELAJARAN | |
Pengarang | : | Dr. Rusman, M.Pd. | |
Penerbit | : | RajaGrafindo Persada (Rajawali Perss) | |
ISBN | : | 978-979-769-460-9 | |
Edisi/ Cet | : | Edisi 2 Cet 6 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xvi + 418 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 85.000 | |
Bayar | : | Rp. 68.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENDAHULUAN
BAB 2. STANDAR PROSES SATUAN PENDIDIKAN
Perencanaan proses pembelajaran
Prinsip- prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
Pelaksanaan proses pembelajaran
Penilaian hasil pembelajaran
Pengawasan proses pembelajaran
BAB 3. MENJADI GURU PROFESSIONAL
Pengertian profesionalisme guru
Pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan
Syarat- syarat guru professional
Cirri- cirri profesi keguruan
Kode etik guru Indonesia
Ruang lingkup profesi keguruan
Kinerja guru professional
Ukuran kualitas kinerja guru
Criteria kualitas kinerja guru
Peranan guru
Kompetensi professional guru
Tugas guru
Indicator kinerja guru
Keterampilan dasar mengajar guru
Penilaian kinerja guru
Pelaksanaan penilaian kinerja guru
Indicator penilaian kinerja guru
Format penilaian kinerja guru
Memantau kegiatan pembelajaran
BAB 4. MODEL- MODEL PEMBELAJARAN
Pengertian model pembelajaran
Dasar pertimbangan pemilihan model pembelajaran
Pola- pola pembelajaran
Cirri- cirri model pembelajaran
Model pembelajaran berdasarkan teori
Kesimpulan
BAB 5. MODEL- MODEL DESAIN PEMBELAJARAN
Model PPSI (PRosedur Pengembangan Sistem Intruksional)
Model glasser
Model Gerlach dan Ely
Model Jerold E. Kemp
BAB 6. MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)
Konsep dasar pembelajaran kontekstual
Komponen pembelajaran kontekstual
Prinsip pembelajaran kontekstual
Scenario pembelajaran kontekstual
BAB 7. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Konsep dasar pembelajaran kooperatif
Karakteristik model pembelajaran kooperatif
Prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif
Prosedur pembelajaran kooperatif
BAB 8. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)
Konsep dan karakteristik pembelajaran berbasis masalah
Peran guru dalam pembelajaran berbasis masalah
Proses belajar berbasis kognitif
Desain masalah dalam pembelajaran berbasis masalah
Pengembangan kurikulum dalam pembelajaran berbasis masalah
Pembelajaran berbasis masalah dan perencanaan kurikulum
Pembelajaran berbasis masalah dan e-Learning
Pengalaman siswa dalam pembelajaran berbasis masalah
Implementasi pembelajaran berbasis masalah
Intisari pembelajaran berbasis masalah
Teori belajar yang melandasi pendekatan pembelajaran berbasis masalah
Petunjuk bagi guru dalam pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah
BAB 9. MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
Latar belakang pembelajaran tematik
Tahap perkembangan belajar anak sekolah dasar
Belajar dan pembelajaran bermakna (Meaningful Learning)
Pengertian pembelajaran tematik
Landasan pembelajaran tematik
Pentingnya pembelajaran tematik untuk murid sekolah dasar
Karakteristik model pembelajaran tematik
Rambu- rambu pembelajaran tematik
Ruang lingkup pembelajaran tematik
Implementasi pembelajaran tematik
Implikasi model pembelajaran tematik
BAB 10. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER
Perspektif historis pembelajaran berbasisi computer
Model- model pembelajaran berbasis computer
BAB 11. MODEL PAKEM (PARTISIPATIF, AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN)
Pengertian PAKEM
Model- model pembelajaran yang mendukung pembelajaran PAKEM
BAB 12. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING)
Implementasi pembelajaran berbasis WEB
Interaksi tatap muka dan virtual
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran
Penggunaan internet dalam pembelajaran
Internet sebagai sumber belajar
Internet untuk manajemen pembelajaran
Pemanfaatan e-Learning untuk pembelajaran
Teknologi pendukung e-Learing
Pengembangan model e-Learning
Kelebihan dan kekurangan e-Learning
BAB 13. MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI
Konsep belajar dan pembelajaran mandiri
Tingkat kemandiriaan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
Belajar mandiri dalam sistem pembelajaran jarak jauh
Model- model pembelajaran mandiri
Bahan mengajar mandiri
Kesimpulan
BAB 14. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA
Pendahuluan
Pengertian pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktfkan siswa
Jenis- jenis pendekatan pembelajaran
Pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS)
Mengaktifkan siswa melalui pendekatan dan model pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP PENULIS
PEMESANAN : 081 548 335 325
PIN : 25E34351
0 komentar:
Posting Komentar