Judul Buku | : | Sosiologi Pendidikan – Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan | |
Pengarang | : | Prof. Drs. H. Sudardja Adiwikarta, M.A., Ph.D | |
Penerbit | : | ROSDA | |
Cetakan | : | Ke – 1 | |
Tahun Terbit | : | 2016 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 284 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 | |
Berat | : | 500 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 66,000 | diskon 20 % |
Bayar | : | Rp 52,800 | |
Stock | : | 1 |
Sosiologi Pendidikan – Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan
Pengarang : Prof. Drs. H. Sudardja Adiwikarta, M.A., Ph.D
Penerbit : ROSDAKARYA – Bandung
Daftar Isi
Bagian Satu: Pengenalan Sosiologi Pendidikan-1
Bab I Pengenalan Sosiologi Pendidikan-3
- Apa dan Bagaimana Sosiologi Pendidikan itu?-3
- Sejarah Kelahiran Sosiologi Pendidikan-10
- Tujuan dan Manfaat Sosiologi Pendidikan-19
- Tentang Buku Ini-22
- Rangkuman-24
Bab II Model-Model Analisis Sosiologi dalam Mengkaji Pendidikan-27
- Beberapa Karakteristik Dasar Sosiologi-28
- Analisis Model Struktural Fungsional-32
- Analisis Model Konflik-47
- Analisis Model Sosiologi Kritis-53
- Analisis Pendidikan Level Mikro-57
- Rangkuman-62
Bagian Dua: Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat clan Kebudayaan-67
Bab III Pendidikan sebagai Pranata Sosial-69
- Pengertian Dasar tentang Pranata Sosial-70
- Wujud Pendidikan sebagai Pranata Sosial-73
- Hubungan Pendidikan dengan Pranata Sosial Lain-80
- Hubungan Unit Pendidikan dengan Komunitas Sekitar-82
- Isu clan Permasalahan Sekitar Kepranataan Pendidikan-88
- Rangkuman-93
Bab IV Hubungan Indiviclu, Masyarakat, clan Pendidikan-95
- Status dan Peran Individu dalam Masyarakat-96
- Pengelompokan clan Pelapisan Sosial serta Kaitannya dengan Pendidikan-101
- Perubahan Sosial dan Pendidikan-111
- Rangkuman-121
Bab V Hubungan Kebudayaan dan Pendidikan-123
- Pengertian Dasar tentang Kebudayaan-124
- Budaya Sekolah clan Budaya Belajar-131
- Pertimbangan Budaya dalam Program Pendidikan-136
- Pendidikan Multikultural-141
- Pendidikan pada Budaya yang Berubah-143
- Rangkuman-144
Bagian Tiga: Lingkungan atau Jalur Pendidikan-147
Bab VI Pendidikan Informal-149
- Pengertian Dasar Pendidikan Informal-150
- Pentingnya Pendidikan Informal-154
- Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendidikan Informal-159
- Kualitas Pendidikan Informal dan Perkembangan Anak-166
- Masalah, dan Tantangan dalam Pendidikan Informal-171
- Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Informal-177
- Rangkuman-180
Bab VII Pendidikan Formal (Persekolahan)-183
- Sekilas tentang Sejarah Pendidikan Formal di Indonesia-184
- Perkembangan Pendidikan Formal sesudah Kemerdekaan-191
- Sekolah dan Kelas sebagai Sistem Sosial-199
- Pimpinan Sekolah, Guru, dan Karyawan Non-guru-206
- Permasalahan Pendidikan Formal dan Upaya Mengatasi-212
- Rangkuman-228
Bab VIII Pendidikan Luar Sekolah (Nonformal)-231
- Ketentuan tentang Pendidikan Luar Sekolah (Nonformal)-232
- Prinsip-Prinsip Dasar dan Pelaksanaan Pendidikan Luar Sekolah-235
- Tantangan dan Masalah yang Dihadapi Pendidikan Nonformal-248
- Rangkuman-255
Bagian Empat: Catatan Akhir-259
Bab IX Catatan Akhir-261
Daftar Pustaka-277
Indeks-281
Tentang Penulis-283
PEMESANAN 081548335325 (WA)
0 komentar:
Posting Komentar