Judul Buku | : | PENGANTAR PENILAIAN HASIL BELAJAR | |
Pengarang | : | Budiyono | |
Penerbit | : | UNS Press Publishing dan Printing | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 202 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 62,000 | |
Stock | : | 1 |
PENGANTAR
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pengarang: Budiyono
Penerbit: UNS Press Publishing
dan Printing
DAFTAR
ISI
BAB I PENGUKURAN
DAN PENILAIAN
Pendahuluan
Pengukuran
Penilaian
Asumsi-asumsi pads
penilaian pendidikan
Bahan diskusi
BAB II TEORI PENGUKURAN
Pendahuluan
Teori tes klasik
Teori respons butir
Perbandingan teori tes klasik dan teori respons butir Bahan diskusi
Perbandingan teori tes klasik dan teori respons butir Bahan diskusi
BAB III
TES DAN PERSYARATANNTYA
Pendahuluan
Validitas
Reliabilitas
Metode untuk mengestimasi koefisien reliabilitas
Metode untuk mengestimasi koefisien reliabilitas
Penafsiran koefisien
reliabiltas
Faktor-faktor yang
mempengaruhi reliabilitas
Bahan diskusi
BAB IV
PENILAIAN RANAH KOGNITIF
Pendahuluan
Jenis tes
Tes membangun jawaban (constructed-response test)
Tes membangun jawaban (constructed-response test)
Tes uraian
Tes
jawaban singkat (short answer test)
Tes
memilih jawaban (selected-response test)
Tes Pilihan Ganda
Taksonomi Bloom
Taksonomi Bloom yang
direvisi
Langkah-langkah
konstruksi tes hasil belajar pada
ranah kognitif
Bahan diskusi
BAB V ANALISIS BUTIR
SOAL PENILAIAN RANAH KOGNITIF
Pendahuluan
Analisis butir untuk
soal pilihan ganda
Tingkat kesulitan (difficulty)
Daya pembeda (discrimination
power)
Berfungsinya
pengecoh
Paket program untuk
analisis butir
Analisis butir untuk
soal uraian
Tingkat kesulitan
Daya pembeda
Bahan diskusi
BAB VI NON
TES
Pendahuluan
Skala lajuan (rating
scale)
Skala sikap
Bahan diskusi
BAB VII
PENILAIAN RANAH AFEKTIF
Pendahuluan
Pengertian ranah
afektif
Penggolongan ranah
afektif
Instrumen penilaian
ranah afektif
Pengembangan
instrumen ranah afektif
Penskoran instrumen
penilaian ranah afektif
Penafsiran hasil
pengukuran ranah afektif
Validitas instrumen
ranah afektif
Analisis butir pada
instrumen ranah afektif
Reliabilitas
instrumen ranah afektif
Bahan diskusi
BAB VIII
PENILAIAN RANAH PSIKOMOTOR
Pendahuluan
Penggolongan ranah
psikomotor
Instrumen ranah
psikomotor
Tes unjuk kerja
(performance test)
Prosedur pengukuran
ranah psikomotor
Pengembangan
instrumen ranah psikomotor
Penskoran instrumen
ranah psikomotor
Penafsiran
pengukuran ranah psikomotor
Bahan diskusi
BAB IX
PENILAIAN BERBASIS KELAS, PENILAIAN UNTUK PEMBELAJARAN, DAN PENILAIAN OTENTIK
Pendahuluan
Penilaian berbasis kelas (classroom-assessment) Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
Penilaian berbasis kelas (classroom-assessment) Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
Penerapan assessment
for learning di kelas
Penilaian otentik
(authentic assessment)
Bahan diskusi
BAB X PENILAIAN
PORTOFOLIO
Pendahuluan
Permakaian di kelas
Langkah-langkah
penilaian portofolio di kelas
Keunggulan-keunggulan
penilaian portofolio
Kelemahan-kelemahan
penilaian portofolio
Rubrik penilaian
portofolio
Bahan diskusi
BAB XI DIFFERENTIAL ITEM FUNCTIONING
Pendahuluan
Pengertian DIF
Waktu pendeteksian DIF
Tindak lanjut
keberadaan DIF
Metode pendeteksian DIF
Metode
Mantel-Haenszel
Bahan diskusi
PEMESANAN 08154833535 (WA)
0 komentar:
Posting Komentar