Judul Buku | : | Teknologi Baru Motor Bensin dan Standar EURO | |
Pengarang | : | Wahyu Hidayat, S.T., M.T. – Riri Sadiana, S.Pd., M.Si. | |
Penerbit | : | ALFABETA – BANDUNG | |
Cetakan | : | Ke – 1 | |
Tahun Terbit | : | 2017 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 270 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 | |
Berat | : | 500 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 55.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 44.000 | |
Stock | : | 1 |
Teknologi Baru Motor Bensin dan Standar EURO
Pengarang : Wahyu Hidayat, S.T., M.T. – Riri Sadiana, S.Pd., M.Si.
Penerbit : ALFABETA – BANDUNG
DAFTAR ISI
BAB I
MOTOR BENSIN JENIS OHV DAN OHC
- Mekanik Motor Bensin
- Kepala Silinder (Cylinder Head)
- Blok Silinder (Cylinder Block)
- Poros Engkol (Crank Shaft)
- Torak (Piston) dan Cincin Torak (Ring piston)
- Batang Penghubung Torak (Connecting rod piston) dan Kelengkapannya
- Roda Penerus (Fly Wheel)
- Prinsip Kerja Motor Bensin
- Dasar Kerja Motor Empat Langkah (Four Stroke Engine Basic)
- Diagram Tekanan Terhadap Volume
- Pengaturan Kerja Katup Isap dan Katup Buang
- Dasar Teori Motor Bensin
- Volume Silinder
- Perbandingan Kompresi
- Efisiensi Volumetrik Silinder
- Efisiensi Pemasukan Udara. dan Bahan Bakar
- Efisiensi Kerja Motor
- Daya Kerja Motor
- Daya Spesifik Motor
- Motor Bensin Jenis OHV (Over Head Valve)
- Motor Bensin Jenis OHC (Over Head Camshaft)
- Peranan Poros Cam (Cam Shaft)
- Peranan Pelatuk (Rocker Arm)
- Saluran Masuk dan Saluran Buang
BAB II
GENERASI TEKNOLOGI MOTOR OHC/SOHC
- Motor Jenis OHC/SOHC (Single Over Head Camshaft)
- Penghubung atau Perantara Penggerak Cam Shaft
- Motor Jenis Twin Cam (Poros Cam Ganda)
- Motor Jenis DOHC (Double Over Head Camshaft)
- Perbandingan Prestasi Kerja Motor OHC versi DOHC
- Poros Cam dan Mekanik Katup
- Penyimpangan Pembukaan dan Penutupan Katup
- Poros Cam Motor Twin Cam dan DOHC
- Mekanik Katup dan Kelengkapannya
- Modifikasi Poros Cam Motor Balap (Race Sport)
- Mekanisme Katup Desmodromique versi Pneumatik
- Valve Desmodromique System
- Valve Pneumatik System
BAB III
SISTEM BAHAN BAKAR ELEKTRONIK
- Dasar Sistem Injeksi Bahan Bakar
- Sistem Bahan Bakar Elektronik
- Sistem Dasar EFI (Electronic Fuel Injection)
- Komponen Dasar EFI
- Keunggulan Sistem EFI
- Sistem Injeksi Bahan Bakar EFI
- Jenis Sistem EFI
- Sistem injeksi langsung (GDI/Gasoline Direct Injection)
- Ahran Bahan Bakar Sistem EFI
- Sistem Aliran Bahan Bakar (Fuel Flow System)
- Sistem Induksi Udara (Air Induction System)
- Sistem Kontrol Elektronik (Electronic Control System)
BAB IV
SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK
- Dasar Pengapian Mesin
- Sistem Pengapian Mesin
- Koil Pengapian
- Busi Penyala
- Busi Iridium
- Sistem Pengapian Elektronik
- Sistem Pengapian Transistor
- Modern Modul Pengapian Elektronik
- Sistem Pengapian CD7 (Capacitor Discharge Ignition)
- Prinsip Kerja CDI (Capacitor Discharge Ignition)
- Sistem Kerja CDI (Capacitor Discharge Ignition)
- Pulser
- Dirt Bike Pengapian CDI Unit
- Programmable Digital Ignition CDI/TCI
- Programmable CDI
- TCI Programmable Ignition (Pengapian Koil Transistorized)
- Kesimpulan Perbandingan Pengapian Kettering (TCI) dengan CDI
- Pengapian Sistem i-DSI (intelligent-Dual Sequential Ignition)
- Operasi Dual Pengapian Sequentiall Pengaturan
- Top Torsi Terhadap Efisiensi Kerja
- Prestasi Pengapian i-DSI (Intelligent-Dual Sequential Ignition)
- Vengapian Sistem DTS-I (Digital Twin Spark-ignition)
- Teknologi Pengapian DTS-I(Digital Twin Spark-ignition)
- Keistimewaan DTS-FI (DTS-Fuel Injection)
BAB V
TEKNOLOGI MESIN VVT-i DAN VTEC
- Teknologi Sistem VVT-i dan VTEC
- Teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent)
- Sistem Teknologi VVT-I (Variable Valve Timing-intelligent)
- Sistem Mesin VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent)
- Waktu Katup (Valve Timing)
- Kendali Komputer
- Sistem Kerja Mesin VVT-I (Variable Valve Timing-intelligent)
- Teknologi VTEC (Variable Timing Electronic Control)
- Sistem Kerja VTEC(Variable Timing Electronic Control)
- Mekanisme Katup System VTEC (Variable Timing Electronic Control)
- Mekanisme Katup System VTC (Variable Electronic Control)
- Mekanisme Katup System i-VTEC (Intelligent-Variable Timing Electronic Control)
BAB VI
SISTEM PELUMASAN MESIN
- Dasar Pelumasan Mekanik Mesin
- Minyak Pelumas
- Kekentalan Minyak Pelumas
- Klasifikasi Viscositas Oli Mesin
- Klasifikasi Minyak Pelumas Menurut Kualitas API
- Perbedaan Oli Motor Bensin Dengan Motor Diesel
- Sistem Pelumasan Mekanik Mesin
- Pelumasan Mesin Sistem Tekan
- Pelumasan Mesin Jenis Panci Basah (Wet Sump Type)
- Pelumasan Mesin Jenis Panci Kering (Dry Sump Type
- Pangs Mesin Berlebihan (Overheat Engine)
- Mengenal dan Memilih Oli Mesin
BAB VII
SISTEM PENDINGINAN MESIN
- Prinsip Pendingin Mesin
- Sistem Pendingin Air Pada Blok Mesin
- Komponen Sistem Pendingin Air
BAB VIII
MESIN STANDAR EURO DAN EMISI GAS BUANG
- Latar Belakang Standar Euro
- Pengetahuan Standar Euro
- Bahan Bakar Bensin
- Bilangan Oktan ..k
- Research Octane Number (RON)
- Regulasi Jenis-Jens Teknologi Kendaraan
- Pengujian Gas Buang
- Alat Penguji Gas Buang Dengan Penghantar Kalor
- Alat Penguji Gas Buang Dengan Pembakaran Terlambat
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PENULIS
PEMESANAN 081548335325 (WA)
Judul Buku | : | Teknologi Baru Motor Bensin dan Standar EURO | |
Pengarang | : | Wahyu Hidayat, S.T., M.T. – Riri Sadiana, S.Pd., M.Si. | |
Penerbit | : | ALFABETA – BANDUNG | |
Cetakan | : | Ke – 1 | |
Tahun Terbit | : | 2017 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 270 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 | |
Berat | : | 500 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 55.000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 46.750 | |
Stock | : | 1 |
0 komentar:
Posting Komentar